Ardani, Kadek Dita (2025) PENGEMBANGAN KOMIK BERNUANSA KEARIFAN LOKAL “UPACARA AYUNAN JANTRA” BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031166-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031166-ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031166-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031166-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031166-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031166-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031166-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031166-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031166-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam muatan IPAS tidak hanya berdampak pada rendahnya motivasi belajar tetapi juga pada rendahnya kemampuan literasi sains siswa tingkat sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media komik bernuansa kearifan lokal “Upacara Ayunan Jantra” berbantuan Augmented Reality kelas IV SD, (2) mengetahui validitas media komik bernuansa kearifan lokal “Upacara Ayunan Jantra” berbantuan Augmented Reality kelas IV SD, (3) mengetahui kepraktisan media komik bernuansa kearifan lokal “Upacara Ayunan Jantra” berbantuan Augmented Reality kelas IV SD, (4) mengetahui efektivitas media komik bernuansa kearifan lokal “Upacara Ayunan Jantra” berbantuan Augmented Reality untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SD Negeri 1 Galungan. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek uji coba penelitian ini merupakan media pembelajaran yang berupa media komik bernuansa kearifan lokal “Upacara Ayunan Jantra berbantuan Augmented Reality, sedangkan objek uji coba dalam penelitian ini adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran yang berupa media komik bernuansa kearifan lokal “Upacara Ayunan Jantra berbantuan Augmented Reality untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SD. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar rating scale, lembar dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media komik yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 3,85 untuk ahli media dengan kualifikasi validitas sangat baik, (2) materi pada media komik yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 3,75 dengan kualifikasi validitas isi sangat baik, (3) respon siswa terhadap media komik adalah sebesar 3,74 dengan kualifikasi sangat baik sedangkan respon guru memperoleh rata-rata 3,92 dengan kualifikasi sangat baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,001 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media komik efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Komik, Ayunan Jantra, Augmented Reality, Literasi sains |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PB Modern European Languages T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Dita Ardani |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 00:02 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 00:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |