PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AT-TAUFIQ SINGARAJA TAHUN AJARAN 2019-2020

Rahman, Abdur (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AT-TAUFIQ SINGARAJA TAHUN AJARAN 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511021033-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511021033-ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511021033-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada matapelajaran IPS Terpadu untuk siswa kelas VIII di MTs At-Taufiq Singaraja. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu mulai analisis kebutuhan, membuat rancangan pengembangan, mengembangkan multimedia interaktif, kemudian dilakukan implementasi dan merevisi multimedia pembelajaran interaktif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan ini diawali dengan menganalisis kebutuhan, kemudian menyusun desain multimedia interaktif yang berupa Flowchart dan Storyboard kemudian di aplikasikan di Powerpoint dan Adobe Photoshop CS6 sebagai aplikasi pendukung, sehinggga menjadi multimedia pembelajaran interaktif yang utuh. Data kevalidan uji ahli isi, ahli media, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan data hasil belajar siswa diperoleh dengan metode tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analsis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII di MTs At-Taufiq Singaraja. Hasil penilaian dari uji ahli isi sebesar 96,00% dengan kualifikasi sangat baik. Penilaian dari uji ahli media sebesar 78,00% dengan kualifikasi baik. Hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 86,66% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian dari uji coba kelompok kecil sebesar 94,33% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba lapangan sebesar 87,11% dengan kualifikasi sangat baik. Untuk mengetahui efektivitas produk, dilakukanlah penghitungan hasil belajar secara manual dan diperoleh hasil t hitung sebesar 8,422. Harga t tabel taraf signifikansi 5% adalah 2,042. Jadi t hitung lebih besar daripada t tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII di MTs At-Taufiq Sungaraja antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, IPS terpadu, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: ABDURRAHMAN
Date Deposited: 26 Jul 2020 11:26
Last Modified: 26 Jul 2020 11:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item