PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK "ICanPa" BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP

Dewi, Komang Deena Prasanti (2025) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK "ICanPa" BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011022-COVER.pdf

Download (296kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011022-ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011022-LAMPIRAN.pdf

Download (788kB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dapat diatasi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif salah satunya berupa modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik interaktif berbantuan Canva dan Padlet pada materi bentuk aljabar dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D melalui tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas VII A11 SMP Negeri 1 Singaraja. Hasil dari penilaian ahli media sebesar 4,75 dan ahli materi sebesar 4,8 dengan kriteria sangat valid menunjukkan bahwa modul elektronik ini layak untuk digunakan. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa modul elektronik ini praktis untuk digunakan dalam pembelajadran berdasarkan hasil penilaian kepraktisan guru sebesar 97,5 dan siswa sebesar 86,01 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Modul elektronik dinyatakan efektif berdasarkan nilai n-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul elektronik, pendekatan saintifik, bentuk aljabar, pemahaman konsep, interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Komang Deena Prasanti Dewi
Date Deposited: 17 Mar 2025 07:21
Last Modified: 17 Mar 2025 07:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23759

Actions (login required)

View Item View Item