Dwindahari, I Dw Ayu Arika Resma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI HARMONISASI EKOSISTEM MUATAN IPA KELAS V SD NEGERI 27 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031252-COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031252-ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031252-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031252-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031064-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031252-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031252-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pada media pembelajaran flipbook berbasis problem solving pada materi harmonisasi ekosistem muatan IPA, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving pada materi harmonisasi ekosistem muatan IPA, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran flipbook berbasis problem solving pada materi harmonisasi ekosistem muatan IPA menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode kuesioner dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis problem solving yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan dibuktikan dari: (1) hasil uji ahli rancang bangun diperoleh skor 92,05% (sangat baik) (2) kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving berdasarkan uji ahli materi pembelajaran diperoleh skor 80,35% (baik), ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 95% (sangat baik), uji perorangan diperoleh skor 94% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 91,25% (sangat baik), serta (3) uji efektivitas dengan uji-t diperoleh t-hitung = 16.286 > t-tabel = 2.045 pada tarif signifikansi 5% untuk dk = 30-1 = sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran flipbook berbasis problem solving layak dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPA khususnya pada bagian harmonisasi ekosistem kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Flipbook, IPA, Harmonisasi Ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Dw Ayu Arika Resma Dwindahari |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:04 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |