PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI HARMONISASI EKOSISTEM MUATAN IPA KELAS V SD NEGERI 27 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Dwindahari, I Dw Ayu Arika Resma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI HARMONISASI EKOSISTEM MUATAN IPA KELAS V SD NEGERI 27 PEMECUTAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031252-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031252-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031252-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031252-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031252-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031252-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pada media pembelajaran flipbook berbasis problem solving pada materi harmonisasi ekosistem muatan IPA, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving pada materi harmonisasi ekosistem muatan IPA, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran flipbook berbasis problem solving pada materi harmonisasi ekosistem muatan IPA menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode kuesioner dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis problem solving yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan dibuktikan dari: (1) hasil uji ahli rancang bangun diperoleh skor 92,05% (sangat baik) (2) kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis problem solving berdasarkan uji ahli materi pembelajaran diperoleh skor 80,35% (baik), ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran diperoleh skor 95% (sangat baik), uji perorangan diperoleh skor 94% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 91,25% (sangat baik), serta (3) uji efektivitas dengan uji-t diperoleh t-hitung = 16.286 > t-tabel = 2.045 pada tarif signifikansi 5% untuk dk = 30-1 = sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran flipbook berbasis problem solving layak dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPA khususnya pada bagian harmonisasi ekosistem kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Flipbook, IPA, Harmonisasi Ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Dw Ayu Arika Resma Dwindahari
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:04
Last Modified: 18 Mar 2025 03:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23782

Actions (login required)

View Item View Item