Fajri, Sudiman Nur (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (Cover)
1913041015-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
1913041015-ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text (BAB ! PENDAHULUAN)
1913041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (580kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (METODOLOGI PENELITIAN)
1913041015-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (PENUTUP)
1913041015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1913041015-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas dan kepraktisan dari e-modul berbasis problem based learning pada materi sistem gerak manusia di kelas XI MIPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (riset and development) dengan modul 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan Penyebarluasan (dessiminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai tahapan yang ke 3 saja yaitu tahap pengembangan (development). Pada penelitian ini dilakukan uji validitas oleh ahli materi, media dan bahasa, kemudian uji kepraktisan terdiri dari uji kepraktisan guru mata pelajaran biologi dan uji kepraktisan siswa kelas XI MIPA. Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa, (1) rancang bangun penelitian pengembangan ini menghasilkan e-modul berbasis problem based learning pada materi sistem gerak manusia di kelas XI MIPA, (2) Validitas e-modul dari segi materi, media dan bahasa masing-masing mendapatkan nilai 1 dengan kriteria sangat valid, (3) Berdasarkan uji kepraktisan guru mata pelajaran biologi, presentase kepraktisan e-modul sebesar 84,6%, sehingga termasuk ke dalam kategori sangat praktis Sedangkan presentase kepraktisan melalui uji kepraktisan siswa kelas XI MIPA sebesar 86,6%, sehingga termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, e-modul berbasis problem based learning pada materi sistem gerak manusia di kelas XI MIPA sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi sistem gerak manusia kelas XI. Kata Kunci: e-modul, problem based learning, sistem gerak manusia, model pengembangan 4D.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: e-modul, problem based learning, sistem gerak manusia, model pengembangan 4D. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Sudiman Nur Fajri |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:44 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |