Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi terhadap Penurunan Miskonsepsi dan Penguasaan Konsep Siswa Mengenai Materi Cahaya dan Alat Optik

Utami, Ni Made Suci Bhakti Karya (2019) Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi terhadap Penurunan Miskonsepsi dan Penguasaan Konsep Siswa Mengenai Materi Cahaya dan Alat Optik. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1629061018-COVER.pdf

Download (959kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629061018-ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629061018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629061018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629061018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629061018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1629061018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629061018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629061018-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Utami, Ni Made Suci Bhakti Karya, Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi terhadap Penurunan Miskonsepsi dan Penguasaan Konsep Siswa Mengenai Materi Cahaya dan Alat Optik. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan IPA, Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Univeristas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ketut Suma, M.S dan Pembimbing II: Dr.rer.nat. I Wayan Karyasa, S.Pd., M.Sc. Kata-kata kunci: pembelajaran multirepresentasi, penurunan miskonsepsi penguasaan konsep Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan penurunan miskonsepsi dan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan alat optik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tabanan dengan populasi sebanyak 378 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling terhadap kelas sehingga diperoleh satu kelas eksperimen (VIII F) dan satu kelas kontrol (VIII I). Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan pembelajaran multirepresentasi dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes penguasaan konsep. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan hipotesis diuji dengan teknik Manova. Hasil gain score ternormalisasi penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran multirepresentasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan penurunan miskonsepsi dan penguasaan konsep pada materi cahaya dan alat optik antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat perbedaan penurunan miskonsepsi pada materi cahaya dan alat optik antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional, (3) Terdapat perbedaan penguasaan konsep pada materi cahaya dan alat optik antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran multirepresentasi, penurunan miskonsepsi, penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: NI MADE SUCI BHAKTI KARYA UTAMI
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:43
Last Modified: 21 Oct 2019 03:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item