Dewi, Ni Made Tiara Santika (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERORIENTASI MASALAH MENGENAI MATERI KEBERAGAMAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA PADA MUATAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031339-COVER.pdf Download (662kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031339-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031339-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031339-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031339-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031339-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031339-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031339-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031339-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun game edukasi berorientasi masalah mengenai materi keberagaman flora dan fauna di Indonesia, (2) mengetahui kualitas mendeskripsikan rancang bangun game edukasi berorientasi masalah mengenai materi keberagaman flora dan fauna di Indonesia yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain pembelajaran, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil, dan (3) mengetahui efektivitas game edukasi berorientasi masalah mengenai materi keberagaman flora dan fauna di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, kuesioner, dan teknik analisis data deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun game edukasi berorientasi masalah adalah sebuah media softcopy berupa link dapat diakses melalui perangkat smartphone ataupun laptop. (2) Kualitas game edukasi berorientasi masalah menunjukkan hasil penilaian isi mata pelajaran sebesar 92,85% (sangat baik), uji ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 92,50% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 96% (sangat baik). (3) Berdasarkan hasil uji-t satu sampel diperoleh nilai thutung sebesar 4,133. Nilai ttabel untuk db 19 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 1,729. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game edukasi berorientasi masalah efektif diterapkan pada muatan IPAS materi keberagaman flora dan fauna di Indonesia untuk siswa kelas V SD Negeri 1 Lebih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Game Edukasi, Flora dan Fauna di Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Tiara Santika Dewi |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 23:54 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 23:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |