YASA, I NYOMAN SINDHU (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA EDUCAPLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 4 SELAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031545-COVER.pdf Download (818kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031545-ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031545-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031545-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031545-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031545-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031545-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031545-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031545-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Educaplay tentang materi IPAS topik Kekayaan Budaya Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 4 Selat yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode dari pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes objektif. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi IPAS SD. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test posttest dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun pengembangan Multimedia Educaplay tentang materi IPAS topik Kekayaan Budaya Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV, yang meliputi tahapan analisis, desain dan pengembangan; (2) produk yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 3,6 dengan kualifikasi sangat baik; (3) kepraktisan produk memperoleh hasil penilaian uji siswa sebesar 93,75% (sangat praktis) dan uji guru sebesar 100% (sangat praktis); (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkolerasi menunjukan angka 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05 sehingga Multimedia Educaplay tentang materi IPAS topik Kekayaan Budaya Indonesia efektif guna meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 4 Selat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Multimedia Educaplay tentang materi IPAS topik Kekayaan Budaya Indonesia dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Educaplay1, Kekayaan Budaya Indonesia2, Kemampuan Membaca Pemahaman3, Media Pembelajaran4 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Sindhu Yasa |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 07:25 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |