Chandranathasya, Ni Kadek Putri (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PREDICT OBSERVE EXPLAIN MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 5 SUMERTA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031095-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031095-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031095-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031095-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031095-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031095-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031095-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat permasalahan terkait pembelajaran matematika khususnya pada materi luas dan keliling bangun datar yang dapat meningkatkan pemahaman serta minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain dan pengembangan produk e-modul berbasis Predict-Observe-Explain (POE), menilai kualitas e-modul tersebut melalui evaluasi ahli, uji perorangan, dan uji kelompok kecil, serta menentukan efektivitas media e-modul berbasis Predict-Observe-Explain. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuisioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis Predict-Observe-Explain yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva. Penilaian dari ahli isi menghasilkan skor 97,7%, ahli desain instruksional 90%, dan ahli media pembelajaran 92,3%. Uji perorangan yang melibatkan tiga siswa memperoleh skor 97,5%, sedangkan uji kelompok kecil yang melibatkan sembilan siswa menghasilkan skor 94,4%, keduanya termasuk kategori sangat baik. Hasil uji-t menunjukkan nilai 21,70, yang lebih besar dari nilai t-tabel 2,052 pada tingkat signifikansi 5% dengan derajat kebebasan sebesar 27, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan E-modul berbasis Predict-Observe- Explain terbukti efektif untuk mengajarkan topik luas dan keliling bangun datar pada siswa kelas IV di SD 5 Sumerta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Bangun Datar, Luas dan Keliling, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Putri Chandranathasya |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 10:33 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 10:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |