PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN KEFASIHAN PROSEDURAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 UBUD

Dewi, Ni Luh Putu Kusuma (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TEORI APOS UNTUK MENINGKATKAN KEFASIHAN PROSEDURAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 UBUD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031518-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031518-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031518-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031518-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031518-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031518-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031518-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031518-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031518-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, serta efektivitas dari media pembelajaran E-modul berbasis Teori APOS khususnya pada pembelajaran matematika materi pola gambar dan pola bilangan siswa kelas IV SD. Subjek penelitian pengembangan E-modul berbasis Teori APOS ini melibatkan 24 siswa kelas IV SD Negeri 5 Ubud. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode penggumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitaif serta statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa produk E-modul berbasis Teori APOS dengan kualifikasi produk sangat baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi pola gambar dan pola bilangan. Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli isi/materi pembelajaran memperoleh skor sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor sebesar 83,3% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 86,7% dengan kualifikasi baik, uji coba perorangan yang melibatkan tiga siswa kelas IV memperoleh skor sebesar 91,7% kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil yang melibatkan sembilan siswa kelas IV memperoleh skor sebesar 91,9% dengan kualifikasi sangat baikdengan rata-rata keseluruhan mencapai 90,72% berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas yang melibatkan 24 siswa kelas IV memperoleh hasil thitung sebesar 17,044 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk= 23 sebesar 2,069, maka dinayatakan H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan produk E-modul berbasis Teori APOS. Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa E-modul berbasis Teori APOS layak dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi pola gambar dan pola bilangan IV SD Negeri 5 Ubud.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-modul, Teori APOS, Kefasihan Prosedural
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Kusuma Dewi
Date Deposited: 19 Apr 2025 10:36
Last Modified: 19 Apr 2025 10:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23960

Actions (login required)

View Item View Item