Diatmika, Ketut Satya Wacika (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA TOPIK SIKLUS AIR KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031357-COVER.pdf Download (787kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031357-ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031357-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031357-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031357-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031357-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031357-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031357-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031357-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk Media Pembelajaran Komik Digital berbasis kearifan lokal subak karena kurangnya media pembelajaran yang dimiliki oleh guru sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar IPA. Penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang memiliki empat tahapan, yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini yaitu produk berupa Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Kearian Lokal Subak. Objek penelitian ini yaitu rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan instrument rating scale berupa lembar penilaian yang melibatkan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang ahli praktisi untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran komik digital berbasis kearifan lokal subak, dilaksanakan uji coba pre-test dan post-test dengn 15 orang siswa kelas V. Data yang dianalisis secara deskriptif, kuantitatif dengan menghitung menggunakan presentase skor. Berdasarkan hasil analisis data, presentase skor validitas media pembelajaran komik digital berbasis kearifan lokal subak dari ahli materi 96%, ahli media sebesar 90 %, respon guru/praktisi 95,5% dan 96,6% validitas media pembelajaran komik digital berbasis kearifan lokal subak dinyatakan valid berada pada rentangan 90- 100% memperoleh kualifikasi sangat baik, presentase skor dari respon siswa 96,8% berdasarkan hasil diatas media pembelajaran komik digital berbasis kearifan lokal subak untuk meningkatkan minat belajar siswa pada topik siklus air kelas V SD dinyatakan valid dan bisa digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran1, Komik digital2, Kearifan lokal3, Subak4, Minat Belajar, Siklus Air5 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Satya Wacika Diatmika |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 11:03 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 11:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |