Pratiwi, Kadek Lisda Agistia Wiharta (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PROYEK PADA MUATAN IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA ALAMNYA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PENARUNGAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031259-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031259-ABSTRAK.pdf Download (682kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031259-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031259-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031259-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (986kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031259-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031259-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031259-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031259-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun powerpoint Interaktif berbasis proyek muatan IPAS materi Indonesiaku Kaya Alamnya, (2) mengetahui kualitas powerpoint Interaktif berbasis proyek materi Indonesiaku Kaya Alamnya, yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil, (3) mengetahui efektivias powerpoint interaktif berbasis proyek pada materi Indonesiaku Kaya Alamnya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes objektif pilihan ganda dan Teknik analisis data deskriptif kuantitatif serta statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun media powerpoint interaktif dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 92,50% yang berada pada kategori sangat baik,; (2) kualitas powerpoint interaktif menunjukkan hasil uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90% dengan kategori sangat baik; uji ahli desain instruksional sebesar 93% dengan kategori sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 93% dengan kategori sangat baik, uji coba perorangan sebesar 93% dengan kategori sangat baik dan uji coba kelompok kecil sebesar 91% dengan kategori sangat baik; (3) Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 2,2690, dengan harga ttabel untuk dk 26 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 1,706. Dengan demikian, thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media powerpoint interaktif berbasis proyek efektif digunakan pada materi Indonesiaku Kaya Alamnya mata pelajaran IPAS pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Penarungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, IPAS, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Lisda Agistia Wiharta Pratiwi |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:33 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |