PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MIND MAPPING BERBASIS PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD

Aprilia, Komang Ayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MIND MAPPING BERBASIS PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031314-COVER.pdf

Download (776kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031314-ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031314-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (490kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031314-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031314-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031314-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031314-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031314-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031314-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031314-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi digital dan kemampuan kolaborasi siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa animasi mind mapping berbasis pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan kolaborasi siswa kelas V SD. Penelitian menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah media animasi mind mapping berbasis pembelajaran interaktif. Objek dalam penelitian ini adalah aspek validitas, kepraktisan dan efektivitas dari produk yang dihasilkan. Pengumpulan data dilakukan melalui intrumen angket dan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil validitas ahli materi memperoleh indeks validitas 0,98333, sedangkan hasil validitas ahli media memperoleh indeks validitas 0,97222, hasil tersebut memiliki kualifikasi sangat baik, (2) tingkat pencapaian respon siswa memperoleh skor rata-rata 90,95% dengan kualifikasi sangat baik, (3) hasil uji-t berkolerasi menunjukkan signifikasi (2-tailed) sebesar 0.000 atau p < 0,05 yang berarti bahwa animasi mind mapping berbasis pembelajaran interaktif efektif dalam meningkatkan literasi digital dan kemampuan kolaborasi siswa kelas V SD. Media animasi mind mapping berbasis pembelajaran interaktif yang valid, praktis dan efektif diharapkan mampu mendorong peningkatan literasi digital dan kemampuan kolaborasi siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media animasi mind mapping, Pembelajaran Interaktif, Literasi Digital, Kemampuan Kolaborasi, model ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Ayu Aprilia
Date Deposited: 24 Apr 2025 12:51
Last Modified: 24 Apr 2025 12:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item View Item