PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGAYAH MATERI KPK DAN FPB PADA MUATAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PENATIH

Cahyani, Ni Kadek Mirayanti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGAYAH MATERI KPK DAN FPB PADA MUATAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PENATIH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031222-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031222-ABSTRAK.pdf

Download (606kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031222-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031222-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031222-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031222-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031222-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031222-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031222-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan produk, dan efektivitas komik digital berbasis kearifan lokal ngayah materi KPK dan FPB pada muatan matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Penatih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan tes dengan teknik analisis data yang digunakan, yaitu deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menemukan, (1) Rancang bangun komik digital berbentuk media digital yang memuat beberapa komponen, yaitu halaman sampul, prakata, CP dan TP, petunjuk penggunaan, pengenalan tokoh, instruksi membaca isi komik digital, materi KPK dan FPB berbasis kearifan lokal ngayah yang disajikan dalam bentuk percakapan sehari-hari, rangkuman materi, instruksi mengerjakan soal evaluasi, soal evaluasi, profil pengembang, profil dosen pembimbing dan halaman akhir yang dapat diakses secara fleksibel dengan memperoleh penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,90% (sangat baik), (2) Kelayakan produk komik digital terbukti sangat layak berdasarkan: validasi ahli isi/materi pelajaran sebesar 95,83% (sangat baik), validasi ahli desain instruksional sebesar 95% (sangat baik), validasi ahli media pembelajaran sebesar 94,23% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 95,83% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 95,83% (sangat baik), (3) Efektivitas komik digital dianalisis menggunakan teknik statistika inferensial (uji-t) memperoleh hasil rata-rata post-test (89,85) > nilai BSKAP (86), H0 ditolak dan H1 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil post-test setelah menggunakan media komik digital berbasis kearifan lokal ngayah dengan nilai BSKAP. Setelah dilakukan perhitungan manual mengunakan uji-t didapatkan hasil yang menunjukkan nilai thitung (3,374) > ttabel (1,694) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan dk = 32. Dengan demikian disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis kearifan lokal ngayah efektif diterapkan pada materi KPK dan FPB pada muatan matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Penatih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: komik digital, kearifan lokal ngayah, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Mirayanti Cahyani
Date Deposited: 24 Apr 2025 12:56
Last Modified: 24 Apr 2025 12:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23998

Actions (login required)

View Item View Item