PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL BERBASIS ENTREPRENEURSHIP KERAJINAN SENI BALI MATERI KEGIATAN EKONOMI MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 1 GUWANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Sari, Ni Komang Sri Rahayu Juwita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL BERBASIS ENTREPRENEURSHIP KERAJINAN SENI BALI MATERI KEGIATAN EKONOMI MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 1 GUWANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031185-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031185-ABSTRAK.pdf

Download (811kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031185-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (604kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031185-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031185-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031185-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031185-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031185-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031185-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun Media Pop Up Book Digital Berbasis Entrepreneurship Kerajinan Seni Bali Materi Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPAS Kelas V, (2) mengetahui validitas Media Pop Up Book Digital Berbasis Entrepreneurship Kerajinan Seni Bali Materi Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPAS ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil siswa Kelas V, (3) mengetahui efektivitas Media Pop Up Book Digital Berbasis Entrepreneurship Kerajinan Seni Bali Materi Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran IPAS Kelas V. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dan metode tes berupa soal pilihan ganda 4 opsi untuk mengetahui hasil belajar siswa terkait materi kegiatan ekonomi. Hasil penelitian pengembangan ini menentukan (1) rancang bangun memperoleh skor 92,5% dengan kategori sangat baik, (2) media Pop Up Book Digital dinyatakan layak bersadarkan hasil penelitian dari ahli isi mata pelajaran sebesar 91,67%, hasil dari ahli desain instruksional sebesar sebesar 88,64%, hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar 83,33%, hasil penilaian coba perorangan sebesar 93.52%, dan hasil uji coba kelompok kecil keseluruhan sebesar 91,67%. (3) efektivitas media Pop Up Book Digital berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai t_hitung = 14.983 sedangkan nilai t_(tabel )pada taraf signifikansi 5% dan Dk = (20-1) = 19 diperoleh t_(tabel )= 1.729. Hasil tersebut menunjukkan t_hitung = 14.983 > t_(tabel )= 1.729 sehingga H0 ditolak dengan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book Digital efektif untuk diterapkan pada mata Pelajaran IPAS khususnya materi kegiatan ekonomi kelas V di SD Negeri 1 Guwang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan, Pop Up Book Digital, Kerajinan Seni Bali, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Sri Rahayu Juwita Sari
Date Deposited: 24 Apr 2025 13:16
Last Modified: 24 Apr 2025 13:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item View Item