Ananta Sesana, I Made Wira (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBANTUAN PhET SIMULATION MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031196-COVER.pdf Download (880kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031196-ABSTRAK.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031196-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031196-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031196-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031196-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031196-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031196-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031196-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook berbantuan PhET Simulation untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Adapun penelitian ini mempunyai empat tujuan yakni: (1) menghasilkan rancang bangun media pembelajaran flipbook berbantuan PhET Simulation untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, (2) menganalisis validitas media pembelajaran flipbook berbantuan PhET Simulation untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, (3) menganalisis kepraktisan media pembelajaran flipbook berbantuan PhET Simulation untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dan, (4) menganalisis efektivitas media pembelajaran flipbook berbantuan PhET Simulation materi cahaya dan sifatnya untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah flipbook berbantuan PhET Simulation dan objek penelitian adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas flipbook berbantuan PhET Simulation. Penelitian pengembangan ini meggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar rating scale dan lembar angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) media pembelajaran flipbook berbantuan PhET Simulation yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 4.8 dengan kualifikasi validitas isi tinggi. (2) materi pada media pembelajaran flipbook berbantuan PhET Simulation memperoleh indeks validitas sebesar 4,9 dengan kualifikasi validitas tinggi, (3) respon siswa terhadap media pembelajaran flipbook berbantuan PhET Simulation adalah sebesar 4,91 dengan kualifikasi sangat baik sedangkan respon guru memperoleh rata-rata 5 dengan kualifikasi sangat baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkolerasi memperoleh skor sebesar 0,001 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media pembelajaran flipbook berbantuan PhET Simulation yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Flipbook, Hasil Belajar, Cahaya dan Sifatnya, IPA, Sekolah Dasar. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Wira Ananta Sesana |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 13:45 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 13:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24011 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |