STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TANTANGAN-ISU SOSIOSAINS-ARGUMEN TANDINGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA

Aditya, Desak Made Kurnia Widyasari Putri (2025) STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TANTANGAN-ISU SOSIOSAINS-ARGUMEN TANDINGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113031001-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113031001-ABSTRAK.pdf

Download (921kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113031001-LAMPIRAN.pdf

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan perbedaan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis tantangan-isu sosiosains-argumen tandingan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis dan rancangan penelitian berupa quasi experiment dan nonequivalent pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Singaraja, Bali. Sampel penelitian terdiri atas empat kelas, yaitu XI G, XI H, XI J, dan XI M, yang masing-masing berjumlah 48 siswa. Kelompok kontrol dan eksperimen ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui metode tes dan non-tes. Tes diperoleh dari hasil penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif, sedangkan kuesioner menilai pendapat siswa terhadap pembelajaran. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Untuk analisis statistika inferensial, digunakan statistika Multivariate Analysis of Covariance (Mancova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis tantangan-isu sosiosains-argumen tandingan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi dalam penguasaan konsep, berpikir kreatif, dan pendapat siswa dengan skor rata-rata masing-masing sebesar 72,20; 77,95; dan 79,76. Sementara itu, kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata sebesar 65,95; 73,94; dan 73,94.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: argumen tandingan, isu sosiosains, keterampilan berpikir kreatif, model berbasis tantangan, penguasaan konsep
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Desak Made Kurnia Widyasari Putri Aditya
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:59
Last Modified: 28 Apr 2025 02:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24022

Actions (login required)

View Item View Item