Maulidia, Disma (2025) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SERIRIT TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071002-COVER.pdf Download (647kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071002-ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071002-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum merdeka serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran IPA berdasarkan Kurikulum Merdeka kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt tahun 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu 3 guru IPA dan 9 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt. Objek penelitian ini terfokus pada pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum merdeka, faktor pendukung, dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan telah terlaksana sesuai alur MERRDEKA, diantaranya indikator mulai dari diri, eksplorasi konsep, refleksi terbimbing, elaborasi pemahaman, dan aksi nyata. Namun, terdapat indikator pembelajaran yang belum dilaksanakan menyeluruh meliputi tahapan apersepsi, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, dan koneksi antar materi, (2) faktor pendukung pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum merdeka yaitu pelatihan dan sosialisasi berkaitan dengan pembelajaran Kurikulum Merdeka, program praktik berbagi baik, fasilitas sekolah, keterlibatan orang tua, dan metode mengajar guru di kelas, (3) faktor penghambat pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum merdeka yaitu kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan jam belajar, dan kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga guru harus menyesuaikan dengan pendekatan pembelajaran IPA untuk memenuhi kebutuhan setiap individu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran IPA, pelaksanaan pembelajaran, kurikulum merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | DISMA MAULIDIA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:54 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |