Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Teka Teki Silang Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020

Wiantara, I Gusti Ngurah Oka (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Teka Teki Silang Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031347-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031347-ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031347-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031347-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031347-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031347-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031347-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031347-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031347-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brain based learning berbantuan media teka-teki silang terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain non-equivalent post-tes only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas dalam 5 sekolah dasar dengan jumlah 129 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan 2 kelas yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 1 Paket Agung sebagai kelompok Eksperimen yang berjumlah 41 siswa dan seluruh kelas V di SDN 2 Paket Agung sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes esay dalam mengukur pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran brain based learning berbantuan media teka-teki silang terhadap pemahaman konsep IPA (F hitung sebesar 276,585 ;sig = 0,000<0,05); 2) terdapat pengaruh model pembelajaran brain based learning berbantuan media teka-teki silang terhadap keterampilan berpikir kritis IPA (F hitung sebesar 238,963 ;sig = 0,000<0,05); 3) terdapat pengaruh model pembelajaran brain based learning berbantuan media teka teki silang tehadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis IPA ( F hitung sebesar 231,064 ;sig = 0,000<0,05). Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran brain based learning berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis IPA siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: brain based learning, teka-teki silang, pemahaman konsep IPA, keterampilan berpikir kritis IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ngurah Oka Wiantara
Date Deposited: 26 Jul 2020 13:12
Last Modified: 26 Jul 2020 13:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item View Item