PENGEMBANGAN E-MODUL MULTIREPRESENTASI BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Sari, Ni Made Ariyani Kumala (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MULTIREPRESENTASI BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011013-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ASBTRAK)
2113011013-ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011013-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul multirepresentasi bermuatan etnomatematika guna meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang kelas 7. E-modul dibuat dalam berbagai bentuk representasi visual dan tekstual dengan mengintegrasikan etnomatematika berupa bangunan sakral (Pura Kahyangan Jagat, Pura Desa, Subak, dan lain-lain) yang membuat pembelajaran lebih menarik dan komprehensif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam pendekatan Research and Development (R&D) dengan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. E-modul ini dirancang menggunakan platform Canva, dengan tambahan aktivitas e-lkpd yang dibuat menggunakan Lumi Education, pemahaman jaring-jaring bangun ruang menggunakan GeoGebra, tes pemahaman melalui Google Form, serta penyusunan konten melalui Book Creator. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Validitas e-modul diuji menggunakan instrumen LORI oleh ahli materi dan media, kepraktisan dinilai menggunakan UEQ oleh guru dan 25 siswa kelas 7.2 SMP Lab Undiksha, dan efektivitas diukur melalui perhitungan N-Gain dari hasil pretest dan posttest. Hasil validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukkan kevalidan yang sangat tinggi, masing-masing dengan skor di atas 4,8. Hasil skor kepraktisan menunjukkan kategori di atas rata-rata pada aspek kejelasan, kategori baik pada aspek efesiensi dan kebaruan, serta kategori unggul pada aspek daya tarik, ketepatan, dan stimulasi. Efektivitas penggunaan e-modul memenuhi kriteria tinggi dengan skor N-Gain sebesar 0,74. Dengan demikian e-modul ini valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep secara menarik dan kontekstual. Penelitian ini menunjukkan perlunya pengembangan media ajar multirepresentasi bermuatan etnomatematika untuk membangun keterkaitam kontekstual dan memperdalam pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul multirepresentasi, bermuatan etnomatematika, pemahaman konsep matematika siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Made Ariyani Kumala Sari
Date Deposited: 17 May 2025 03:14
Last Modified: 17 May 2025 03:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24130

Actions (login required)

View Item View Item