Rangga Wijaya, I Gede Dimas (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK SATUA BALI I BUTA TEKEN I RUMPUH PADA TOPIK INDERA PENGLIHATAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031319-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031319-ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031319-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031319-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031319-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031319-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031319-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031319-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031319-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Permasalahan tentang kurangnya sumber belajar dan pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan rendahnya literasi sains siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah terkait rendahnya literasi sains siswa, maka dikembangkan sumber belajar berupa media Pop-Up Book Satua Bali. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menganalisis rancang bangun produk, validitas produk, kepraktisan dan uji efektivitas produk. Hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) rancang bangun Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh dirancang berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah diuji dan disetujui. Pop-Up Book ini di desain dalam bentuk 3D dan terdapat beberapa gambar yang bisa di tarik maupun di geser; (2) hasil uji validitas oleh ahli media dan ahli materi dari Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh memperoleh skor sebesar 3,76 dan 3,83 dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil uji kepraktisan terhadap respon pengguna Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh mendapatkan skor 100% dari respon guru dan 94,12% dari respon siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepraktisan media Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh sangat baik; (4) Setelah melakukan uji coba pada Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh, ditemukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan literasi sains siswa. Artinya, Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 4 Senganan. Hasilnya menunjukkan bahwa Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Indera Penglihatan, Literasi Sains, Pop-Up Book, Satua Bali |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Dimas Rangga Wijaya |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:01 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |