PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK SATUA BALI I BUTA TEKEN I RUMPUH PADA TOPIK INDERA PENGLIHATAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD

Rangga Wijaya, I Gede Dimas (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK SATUA BALI I BUTA TEKEN I RUMPUH PADA TOPIK INDERA PENGLIHATAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031319-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031319-ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031319-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031319-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031319-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031319-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031319-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031319-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031319-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan tentang kurangnya sumber belajar dan pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan rendahnya literasi sains siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah terkait rendahnya literasi sains siswa, maka dikembangkan sumber belajar berupa media Pop-Up Book Satua Bali. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menganalisis rancang bangun produk, validitas produk, kepraktisan dan uji efektivitas produk. Hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) rancang bangun Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh dirancang berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah diuji dan disetujui. Pop-Up Book ini di desain dalam bentuk 3D dan terdapat beberapa gambar yang bisa di tarik maupun di geser; (2) hasil uji validitas oleh ahli media dan ahli materi dari Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh memperoleh skor sebesar 3,76 dan 3,83 dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil uji kepraktisan terhadap respon pengguna Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh mendapatkan skor 100% dari respon guru dan 94,12% dari respon siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepraktisan media Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh sangat baik; (4) Setelah melakukan uji coba pada Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh, ditemukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan literasi sains siswa. Artinya, Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD Negeri 4 Senganan. Hasilnya menunjukkan bahwa Pop-Up Book Satua Bali I Buta Teken I Rumpuh valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Indera Penglihatan, Literasi Sains, Pop-Up Book, Satua Bali
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Dimas Rangga Wijaya
Date Deposited: 19 May 2025 01:01
Last Modified: 19 May 2025 01:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24134

Actions (login required)

View Item View Item