Putra, I Nyoman Tri Adi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING IN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MEDIA RUMAH BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SIMULASI DIGITAL SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051026-COVER.pdf Download (747kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051026-ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051026-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan riset adalah mengetahui pengaruh model problem based learning in flipped classroom (PBL in FC) berbasis media rumah belajar berkenaan prestasi belajar siswa mata pelajaran Simulasi Digital kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja, respon siswa seusai belajar dengan media e-learning rumah belajar mata pelajaran Simulasi Digital kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan Post Test Only Control Group Design sebagai desain penelitian. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian yaitu kelas X MM 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MM 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 64 siswa. Metode pengumpulan data berupa tes objektif agar mengetahui kemampuan siswa dibidang kognitif sedangkan metode berupa angket digunakan untuk mengumpulkan respon siswa dalam penggunaan media e-learning. Data prestasi belajar yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas menghasilkan data berdistribusi normal dan homogen, serta uji hipotesis menggunakan uji anava satu jalur. Hasil riset menunjukan Fhitung 123,19 yang lebih besar dari Ftabel 3,99 yang berarti adanya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model PBL in FC berbasis rumah belajar dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran direct instruction tanpa media rumah belajar. Rata-rata dari kelompok eksperimen yaitu 84,46 sedangkan rata-rata kelompk kontrol yaitu 64,37. Hasil respon siswa dari penggunaan model PBL in FC berbasis media rumah belajar dikategorikan positif berdasarkan rata-rata skor angket respon siswa sebesar 76,03.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PBL in FC, Prestasi Belajar, Simulasi Digital, E-learning Rumah Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Tri Adi Putra |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 03:16 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 03:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2414 |
Actions (login required)
View Item |