Warsana, Putu Gede Satria Wibawa (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI MARBEL BUDAYA NUSANTARA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MUATAN IPAS KELAS V GUGUS IX MENGWI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031274-COVER.pdf Download (995kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031274-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031274-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031274-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031274-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031274-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031274-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031274-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031274-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Minat belajar berperan penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam memahami dan menguasai materi pelajaran. Minat belajar dapat ditingkatkan melalui pendekatan yang menarik, seperti penggunaan teknologi, metode pembelajaran inovatif, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Dengan minat yang tinggi, siswa cenderung lebih fokus, termotivasi, dan memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap materi yang dipelajari. Maka diperlukan model dan media pembelajaran yang menarik dengan menjadikan proses pembelajaran lebih aktif, efektif dan kreatif yang dapat mendorong minat dalam belajar. Melihat dari hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media aplikasi marbel budaya nusantara terhadap minat belajar peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IX Mengwi dengan total siswa 93 siswa dan 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan tenik cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 43 siswa, diantaranya 21 siswa kelas V SD No. 3 Gulingan sebagai kelompok eksperimen dan 22 siswa kelas V SD No. 4 Gulingan sebagai kelompok kontrol. Subjek data pada penelitian ini berupa minat belajar dengan menggunakan metode non-tes berupa lembar observasi kemudian dianalisis menggunkan analisis statistik inferensial (uji independent sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media aplikasi marbel budaya nusantara dapat meningkatkan minat belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu model pembelajaran problem based learning berbantuan media aplikasi marbel budaya nusantara dapat menjadi acuan untuk menciptakan pembelajaran lebih menyenangkan, menarik dan efektif sesuai dengan kebutuhan siswa yang modern. Tentunya untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Problem Based Learning, Marbel Budaya Nusantara, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Gede Satria Wibawa Warsana |
Date Deposited: | 20 May 2025 05:30 |
Last Modified: | 20 May 2025 05:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |