Sari, Ni Ketut Diyah Nurlita (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI APOS TERHADAP KOMPETENSI STATEGIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV GUGUS 1 KECAMATAN MARGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031508-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031508-ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031508-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031508-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031508-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031508-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031508-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031508-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031508-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kompetensi Strategis antara siswa yang diajarkan dan yang tidak diajarkan dengan pembelajaran berbasis Teori APOS, serta untuk mengukur efektivitas pendekatan tersebut terhadap peningkatan Kompetensi Strategis siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV Gugus I Kecamatan Marga tahun ajaran 2024/2025. Teori APOS (action, process, object, schema) merupakan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada tahapan perkembangan pemahaman konsep matematika melalui aksi, proses, objek, dan skema. Kompetensi strategis dalam pembelajaran matematika mencakup kemampuan siswa dalam memahami, merencanakan, dan menerapkan strategis yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest-posttes control grup design. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran berbasis teori APOS di SD Negeri 1 Tua yang berjumlah 22 siswa dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional di SD Negeri 2 Baru yang berjumlah 19 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kompetensi strategis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik untuk melihat perbedaan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikansi dalam kompetensi strategis siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis teori APOS dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional dengan hasil yang diperoleh (thitung = 13,55 > ttabel = 2,02 ). Pembelajaran berbasis teori APOS membantu siswa dalam memahami konsep pecahan secara mendalam dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun strategi penyelesaian masalah. Dengan demikian, pembelajaran berbasis teori APOS dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan kompetensi strategis siswa pada materi pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Teori APOS, Pembelajaran Matematika, Kompetensi Strategis, Pecahan, Kelas IV |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Diyah Nurlita Sari |
Date Deposited: | 20 May 2025 02:30 |
Last Modified: | 20 May 2025 02:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |