PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD NEGERI 4 MELINGGIH KELOD TAHUN AJARAN 2024/2025

Rusanti, Ayu Renata Fridalina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD NEGERI 4 MELINGGIH KELOD TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031446-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031446-ABSTRAK.pdf

Download (661kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031446-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (610kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031446-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031446-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031446-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031446-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031446-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031446-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun video animasi, (2) mengetahui kelayakan (3) mengetahui efektivitas media video animasi berbasis pendekatan kontekstual pada pokok bahasan operasi hitung pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kusioner, tes objektif (pilihan ganda), dan Teknik analisis data deskriptif kuantitatif serta statistika inferensial. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun media video animasi berbentuk media digital yang memuat komponen yaitu, kompetensi (Capaian Pembelajaran dan tujuan pembelajaran), materi (konsep Pecahan, penjumlahan pecahan berpenyebut sama, penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda, pengurangan pecahan berpenyebut sama, dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda), contoh soal, dan profil pengembang, dengan perolehan nilai ahli rancang bangun 92,5% (sangat baik), (2) Hasil uji kelayakan produk video animasi terbukti layak berdasarkan: uji ahli isi /materi pelajaran sebesar 92% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 95% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 94% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 92,5% (kategori sangat baik), serta uji coba kelompok kecil sebesar 93,05% (sangat baik); (3) Hasil uji efektivitas video animasi dianalisis menggunakan teknik statistika inferensial (uji-t) memperoleh hasil rata-rata post-test (91,87) > nilai BSKAP (86), sehingga H0 ditolak dan H1 yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil post-test setelah menggunakan media video animasi berbasis pendekatan kontekstual dengan nilai BSKAP. Setelah dilakukan perhitungan manual mengunakan uji-t didapatkan hasil yang menunjukkan nilai thitung (3,73) > ttabel (1,75) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan dk = 15. Dengan demikian disimpulkan bahwa media video animasi berbasis pendekatan kontekstual efektif diterapkan pada materi operasi hitung pecahan siswa kelas V SD Negeri 4 Melinggih Kelod.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ayu Renata Fridalina Rusanti
Date Deposited: 23 May 2025 01:31
Last Modified: 23 May 2025 01:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24230

Actions (login required)

View Item View Item