Yanti, Putu Dita Karisma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA CARD MATCH CIRCLE (CMC) BERBANTUAN 3D MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SELISIHAN PADA MATERI KERAJAAN-KERAJAAN DI NUSANTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031071-COVER.pdf Download (823kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031071-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031071-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031071-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031071-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031071-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031071-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pemberlajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, hal ini salah satunya dikarenakan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS. Pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu; 1) menghasilkan rancang bangun media CMC berbantuan 3D model untuk siswa kelas IV SD Negeri Selisihan pada materi kerajaan-kerajaan di nusantara, 2) mengetahui validitas media CMC berbantuan 3D model untuk siswa kelas IV SD Negeri Selisihan, 3) mengetahui kepraktisan media CMC berbantuan 3D model untuk siswa kelas IV SD Negeri Selisihan, 4) mengetahui efektivitas media CMC berbantuan 3D model untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Selisihan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu media pembelajaran CMC berbantuan 3D model, sedangkan objek penelitiannya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media CMC. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Adapun hasil penelitian ini yaitu; 1) menghasilkan rancang bangun media CMC berbantuan 3D model dan diwujudkan menjadi media pembelajaran, 2) hasil validitas media telah diuji menggunakan rumus Aiken dengan hasil oleh ahli materi 0,98 dan oleh ahli media 0,93 dengan masing-masing memperoleh kualifikasi validitas tinggi, 3) respon guru terhadap media memperoleh skor 97,5% dan respon siswa sebesar 86,1% dengan keduanya memperoleh kualifikasi sangat praktis, dan 4) nilai signifikasi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikasi 5%), sehingga media dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media CMC, 3D model, Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Dita Karisma Yanti |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:43 |
Last Modified: | 26 May 2025 00:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |