PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN TERINTEGRASI MENTORING TERHADAP SENSITIVITAS ANTARBUDAYA, ADAPTASI BUDAYA, DAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI UPH TANGERANG

Chrismastianto, Imanuel Adhitya Wulanata (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN TERINTEGRASI MENTORING TERHADAP SENSITIVITAS ANTARBUDAYA, ADAPTASI BUDAYA, DAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI UPH TANGERANG. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239011005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239011005-ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (349kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2239011005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239011005-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran berbasis pengalaman terintegrasi mentoring terhadap sensitivitas antarbudaya, adaptasi budaya, dan komunikasi antarbudaya pada mahasiswa tahun pertama di UPH Tangerang. Penelitian explanatory sequential design ini dilaksanakan pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Ilmu Pendidikan UPH Tangerang menggunakan metode eksperimen kuasi dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Kelas eksperimen adalah 23IMS1 dan 23IND1 serta kelas kontrol adalah 23IAK1 dan 23ID1 dengan jumlah 96 mahasiswa yang dipilih secara random sederhana setelah dilakukan uji kesetaraan kelas. Data kuantitatif dianalisis menggunakan MANOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Temuan data kuantitatif dilengkapi dengan analisis deskriptif menggunakan triangulasi sumber. Hasil uji MANOVA satu jalur menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis pengalaman terintegrasi mentoring efektif meningkatkan sensitivitas antarbudaya, adaptasi budaya, dan komunikasi antarbudaya pada mahasiswa tahun pertama, baik secara parsial maupun simultan. Demikian halnya dengan hasil analisis deskriptif menyatakan bahwa model pembelajaran berbasis pengalaman terintegrasi mentoring berpengaruh signifikan terhadap sensitivitas antarbudaya, adaptasi budaya, dan komunikasi antarbudaya pada ranah sikap dan keterampilan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis pengalaman terintegrasi mentoring berpengaruh signifikan terhadap sensitivitas antarbudaya, adaptasi budaya, dan komunikasi antarbudaya pada mahasiswa tahun pertama di UPH Tangerang dalam mata kuliah komunikasi lintas budaya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: sensitivitas antarbudaya, adaptasi budaya, komunikasi antarbudaya, model pembelajaran, mentoring
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Imanuel Adhitya Wulanata Chrismastianto
Date Deposited: 17 Jun 2025 10:34
Last Modified: 17 Jun 2025 10:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24343

Actions (login required)

View Item View Item