Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs

Hidayah, Shofi (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Cahaya dan Alat Optik di SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113071026-COVER.pdf

Download (787kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113071026-ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071026_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113071026-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, uji validitas, uji kepraktisan dan uji keterbacaan E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi Cahaya dan Alat Optik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahapan define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini yaitu: salah satu guru IPA kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja untuk analisis kebutuhan, 2 orang ahli Pendidikan IPA sebagai validator untuk uji validitas, 2 orang guru IPA yang mengajar kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja untuk uji kepraktisan dan 10 orang peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 3 Singaraja untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) E-LKPD berbasis Problem Based Learning memiliki karakteristik yang memuat materi dan berbagai aktivitas pembelajaran sesuai dengan capaian pembelajaran, berdasarkan sintak model Problem Based Learning dan disajikan dalam bentuk digital. 2) E-LKPD termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi dengan memperoleh skor sebesar 1. 3) E-LKPD tergolong sangat praktis dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,6. 4) E-LKPD tergolong sangat terbaca dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,6. Berdasarkan data hasil penelitian E-LKPD berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan layak untuk diujikan ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, problem based learning, cahaya dan alat optik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: SHOFI HIDAYAH
Date Deposited: 05 Jun 2025 09:42
Last Modified: 05 Jun 2025 09:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24371

Actions (login required)

View Item View Item