ANDIKA PUTRA, I PUTU AGUS (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME PUZZLE BERBASIS BOOKWIDGETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOlAH DASAR PADA MATERI PROSES FOTOSINTESIS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER_2111031538)
COVER_2111031538.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK_2111031538)
ABSTRAK__2111031538.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN_2111031538)
BAB I PENDAHULUAN_2111031538.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA_2111031538)
BAB II KAJIAN TPUSTAKA_2111031538.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN_2111031538)
BAB III METODE PENELITIAN_2111031538.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN_2111031538)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN_2111031538.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP_2111031538)
BAB V PENUTUP_2111031538.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA_2111031538)
DAFTAR PUSTAKA_2111031538.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN_2111031538)
LAMPIRAN_2111031538.pdf Download (8MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenaka kurang adanya media yang mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game puzzle berbasis BookWidgets guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD pada materi proses fotosintesis. Media dikembangkan berdasarkan analisis karakteristik peserta didik, kurikulum, dan kebutuhan pembelajaran di SD Negeri 2 Sukawana. Desain media menekankan elemen visual yang menarik untuk mempermudah pemahaman konsep fotosintesis. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, serta uji kepraktisan dan efektivitas oleh guru dan siswa. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan yang sangat baik. Media ini dinilai praktis, dengan tingkat kepraktisan mencapai 100% dari guru dan 86,25% dari siswa. Uji efektivitas menggunakan uji-t berkorelasi menunjukkan nilai signifikansi 0,001 (p < 0,05), yang berarti media ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Data juga terbukti homogen dan berdistribusi normal, sehingga hasil uji dapat dipertanggungjawabkan secara statistik. Media ini dapat diakses melalui berbagai perangkat digital seperti laptop, handphone, dan Chromebook, serta memungkinkan pembelajaran mandiri dan pengulangan materi melalui tautan dari guru. Dengan demikian, media ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi siswa, tetapi juga mendukung guru dalam pemanfaatan teknologi digital secara efektif dan menyenangkan. Kata Kunci : Pengembangan, Game Puzzle, Bookwidgets,Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Game Puzzle, Bookwidgets,Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Agus Andika Putra |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:10 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |