Dana, Ngakan Putu Amerta (2025) Perancangan Prototype Aplikasi Mobile Emergency Service Kabupaten Buleleng Menggunakan Metode User Centered Design. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1815091050-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1815091050-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815091050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1815091050-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Emergency Service merupakan aplikasi mobile yang dirancang untuk membantu masyarakat melaporkan kejadian darurat dan mendukung instansi terkait dalam merespons laporan secara efektif. Sistem pelaporan saat ini bergantung pada media telepon yang bersifat verbal dan tidak terstruktur memiliki keterbatasan dalam keakuratan informasi sehingga rawan terjadinya miskomunikasi antara pelapor dan petugas. Kondisi ini berdampak pada lambatnya proses identifikasi kejadian dan keterlambatan respons dari instansi terkait. Penelitian ini bertujuan merancang prototipe aplikasi berbasis mobile dengan pendekatan User Centered Design (UCD), melalui lima tahapan yaitu Plan the Human Centered Design Process menghasilkan perencanaan proses desain yang akan berpusat pada pengguna. Specify and Understand the Context of Use, mengidentifikasi target pengguna, karakteristik pengguna dan user persona. Specify the User Requirements, merumuskan kebutuhan pengguna, user flow, arsitektur informasi aplikasi, dan task skenario. Produce Design Solutions, menyusun UI Style Guide serta perancangan prototipe low fidelity dan high fidelity aplikasi Emergency Service. Evaluate Design Against Requirements, mencakup dua fase pengujian usability berdasarkan pengukuran terhadap lima aspek usability yaitu learnability, efficiency, memorability, error, dan satisfaction. Evaluasi melibatkan 5 orang pengguna masyarakat umum, 5 orang petugas Pusdalops Disdamkar, 5 orang Petugas Pusdalops BPBD, dan 5 orang Petugas Call Centre BES Dinkes. Secara keseluruhan, hasil usability testing prototipe aplikasi menunjukkan performa usability yang baik, mudah dipahami dan digunakan, serta mampu mendukung proses pelaporan darurat secara lebih efisien dan akurat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emergency Service, User Interface, User Experience, User Centered Design, Usability Testing |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | NGAKAN PUTU AMERTA DANA |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 00:49 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |