PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL BALI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV DI SD NO 1 MAMBAL

Putra, I Made Adi Daryana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL BALI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV DI SD NO 1 MAMBAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031487-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031487-ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031487-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031487-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031487-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031487-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031487-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031487-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031487-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa buku cerita bergambar yang berbasis kearifan lokal Bali pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SD No. 1 Mambal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran, dengan tingkat validitas yang sangat baik berdasarkan uji ahli isi/materi, desain instruksional, dan media pembelajaran. Selain itu, hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam literasi budaya siswa setelah penggunaan media ini dalam pembelajaran. Hasil analisis statistik dengan uji t menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 57,027, dengan nilai probabilitas p < 0,001, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam literasi budaya siswa sebelum dan sesudah menggunakan media buku cerita bergambar ini. Dengan demikian, buku cerita bergambar berbasis kearifan lokal Bali ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa sekolah dasar dalam memahami dan mengapresiasi budaya lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Budaya, Buku cerita bergambar, Kearifan lokal Bali, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Adi Daryana Putra
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:05
Last Modified: 24 Jun 2025 02:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24732

Actions (login required)

View Item View Item