Putra, Komang Hendri Nugraha (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERORIENTASI COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2123011011-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2123011011-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123011011-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123011011-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123011011-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123011011-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123011011-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2123011011-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berorientasi computational thinking pada materi barisan dan deret bilangan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA. Pengembangan e-modul menggunakan model Plomp yang terdiri dari empat tahap: investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi dan tes, evaluasi dan revisi. E-modul dikembangkan menggunakan platform Moodle dengan integrasi fitur H5P dan Scratch. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Singaraja dengan melibatkan tiga kelas X MIPA. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, angket respon siswa dan guru, serta tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3,7 berdasarkan penilaian ahli. E-modul juga memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata respon siswa 4,56 dan respon guru 4,71. Efektivitas e-modul ditunjukkan melalui peningkatan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa (p-value = 2,8293e-6 < 0,05) dengan efek yang besar (Cohen's d = 1,23537). Kesimpulannya, e-modul interaktif berorientasi computational thinking yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi barisan dan deret bilangan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul interaktif, computational thinking, pemecahan masalah matematika, barisan dan deret bilangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Komang Hendri Nugraha Putra |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:43 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |