EFEKTIFITAS KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN KONSEP DIRI PADA SISWA SMA HARAPAN KEBUN NILO

Damanik, Novi Lolita Br (2025) EFEKTIFITAS KONSELING KOGNITIF BEHAVIORAL TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN KONSEP DIRI PADA SISWA SMA HARAPAN KEBUN NILO. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329111010-COVER.pdf

Download (861kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329111010-ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329111010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329111010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329111010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329111010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329111010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329111010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329111010-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Damanik, Novi Lolita Br (2025), Efektivitas Konseling Kognitif Behavioral Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Regulasi Diri dalam Belajar dan Konsep Diri pada Siswa SMA Harapan Kebun Nilo. Tesis, Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Dr. Luh Putu Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: Konseling kognitif behavioral, restrukturisasi kognitif, regulasi diri dalam belajar, konsep diri, siswa SMA. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengelola proses belajar secara mandiri serta persepsi negatif terhadap diri mereka, yang berdampak pada rendahnya prestasi akademik dan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kognitif behavioral dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan regulasi diri dalam belajar dan konsep diri siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experimental) dengan model pretest-posttest control group design. Subjek penelitian berjumlah 68 siswa yang terdiri atas dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa konseling kognitif behavioral teknik restrukturisasi kognitif dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner regulasi diri dalam belajar dan konsep diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji MANOVA untuk mengetahui perbedaan signifikan antara pretest dan posttest pada kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kognitif behavioral teknik restrukturisasi kognitif secara signifikan meningkatkan regulasi diri dalam belajar dan konsep diri siswa. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pelaksanaan layanan bimbingan konseling di sekolah, khususnya di lingkungan dengan tantangan sosial dan ekonomi, serta memperkuat landasan teoretis mengenai efektivitas pendekatan kognitif behavioral dalam konteks pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling kognitif behavioral, restrukturisasi kognitif, regulasi diri dalam belajar, konsep diri, siswa SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Novi Lolita Br Damanik
Date Deposited: 25 Jun 2025 09:15
Last Modified: 25 Jun 2025 09:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item View Item