Listiana, Ni Kadek (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FORMULATE SHARE LISTEN CREATE BERMUATAN MASALAH MATEMATIKA TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 TEMBUKU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113011027-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113011027-ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113011027-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Salah satu kemampuan yang wajib dikuasi oleh siswa yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa disebabkan oleh kurangnya minat dan motivasi belajar siswa serta penerapan pembelajaran konvensional yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran FSLC bermuatan masalah matematika terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan post test only control group design. Seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tembuku sebanyak 150 siswa yang terbagi dalam 5 kelas merupakan populasi penelitian. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling dan terpilihlah kelas IX B sebagai kelas eksperimen, IX C sebagai kelas pembanding, dan IX E sebagai kelas kontrol dengan banyak siswa berturut-turut 31, 30, dan 31 siswa. Kesetaraan kelas diuji berdasarkan nilai sumatif akhir semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diukur menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan ANAVA satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Rata-rata skor post test kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelompok eksperimen yaitu 38,61, kelompok pembanding 33,13, dan kelompok kontrol 27,45. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran FSLC bermuatan masalah matematika terbuka, FSLC, dan pembelajaran konvensional (F = 15,977; p < 0,05). Hasil uji lanjut pasca ANAVA satu jalur menggunakan uji Scheffe dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa model pembelajaran FSLC bermuatan masalah matematika terbuka merupakan model pembelajaran yang terbaik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran FSLC Bermuatan Masalah Matematika Terbuka, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Listiana |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:35 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |