PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX

Aristini, Ni Putu Pika (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011033-COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011033-ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011033-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan perangkat pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik sering kali menyebabkan proses belajar mengajar menjadi membosankan. Kondisi tersebut berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa, khususnya dalam memahami konsep-konsep matematika yang bersifat abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan e-modul interaktif berbasis etnomatematika guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX pada materi transformasi geometri. Pemanfaatan etnomatematika melalui lukisan Wayang Kamasan dirancang untuk memvisualisasikan materi transformasi geometri sekaligus mengenalkan nilai-nilai luhur budaya Bali. E-modul ini dikembangkan dengan bantuan PowerPoint, iSpring, dan Lumi. Pengembangan e-modul interaktif ini menggunakan tiga dari lima tahap model ADDIE yaitu analyze, design, dan development. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas IX D SMP Negeri 6 Mengwi. Pada tahap pengembangan e-modul, dilakukan pengujian validitas materi dan media menggunakan angket penilaian LORI, pengujian kepraktisan melalui angket UEQ (User Experience Questionnaire), serta pengujian efektivitas dengan menggunakan perhitungan N-Gain dan menggunakan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan pada kategori sangat layak diimplementasikan dengan rata-rata skor 4,92. Kepraktisan e-modul ini dilihat dari angket respon siswa dan guru yang menyatakan kategori unggul dari aspek daya tarik sebesar 2,06, aspek kejelasan sebesar 2,08, aspek efisiensi sebesar 2,09, aspek ketepatan sebesar 2,13, aspek stimulasi sebesar 1,97, dan aspek kebaruan sebesar 1,88. Hasil uji n-gain menunjukkan skor sebesar 0,722 dengan kategori tinggi, yang bermakna efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis etnomatematika yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul interaktif, Etnomatematika, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Pika Aristini
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:50
Last Modified: 26 Jun 2025 06:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24882

Actions (login required)

View Item View Item