Lestari, Anak Agung Nyoman (2025) PENGEMBANGAN BUKU EDUKASI LINGKUNGAN: BUKU SUPLEMEN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113031006-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113031006-ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113031006-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Perilaku peduli lingkungan saat praktikum kimia masih rendah dan kesalahan penanganan bahan maupun limbah kimia berpotensi merusak lingkungan. Hal ini disebabkan penuntun praktikum kimia belum berisi edukasi lingkungan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan buku suplemen yang memuat edukasi lingkungan untuk meningkatkan perilaku peduli lingkungan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kevalidan, keterbacaan, kepraktisan, karakteristik, dan keefektifan dari buku suplemen yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation).Temuan penelitian ini yaitu 1) nilai validasi isi dengan rata-rata 1,00 dari skor maksimal 1,00, media 3,85 dan bahasa sebesar 3,75 dari skor maksimal 4,0 dengan ketiga aspek berkategori sangat valid; 2) keterbacaan produk diperoleh nilai 3,80 dengan kategori sangat baik; 3) kepraktisan produk dari guru kimia dan siswa masing-masing diperoleh nilai sebesar 3,87 dan 3,69 dengan kategori sangat praktis; 4) buku suplemen memiliki karakteristik berupa topik edukasi lingkungan pada praktikum kimia SMA dan isu lingkungan dengan prinsip green chemistry; 5) keefektifan produk dinilai menggunakan N-Gain skor ternormalisasi dari aspek pengetahuan, sikap, dan tindakan masing-masing adalah 0,77, 0,62 dan 0,76, dengan tafsiran keefektifan adalah 76,76%, 62,12%, dan 76,48%, hasil tersebut menunjukkan bahwa aspek pengetahuan dan tindakan berkategori tinggi dan efektif sedangkan aspek sikap berkategori sedang dan cukup efektif. Nilai observasi tindakan sebesar 87 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, maka buku suplemen sudah layak dan efektif meningkatkan perilaku peduli lingkungan siswa. Penelitian selanjutnya disarankan melakukan uji produk dengan metode lain untuk memaksimalkan hasil uji keefektifan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku suplemen, edukasi lingkungan, kimia, perilaku, praktikum |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Nyoman Lestari |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:46 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |