PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TANTANGAN ISU SOSIOSAINS ARGUMEN TANDINGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMA

Dewi, Made Ayu Pradnya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TANTANGAN ISU SOSIOSAINS ARGUMEN TANDINGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVEr)
2113031009-COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113031009-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031009-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113031009-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan penguasaan konsep dan keterampilan sosial siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis tantangan isu sosiosains argumen tandingan, yaitu model yang melibatkan siswa dalam menganalisis isu kontekstual, berpikir kritis, dan menyusun argumen ilmiah, dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Jenis dan rancangan penelitian berupa quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Denpasar, Bali. Sampel terdiri dari empat kelas: XI 1, XI 2, XI 3, dan XI 4 yang masing-masing berjumlah 45, 48, 46, dan 38 siswa. Kelompok kontrol dan eksperimen ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan kelas utuh yang ditentukan secara acak ke dalam dua kelompok. Data dikumpulkan melalui tes penguasaan konsep dan keterampilan sosial, serta angket untuk mengukur respons siswa terhadap pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Analysis of Covariance (Ancova) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan konsep dan respons siswa, baik berdasarkan uji ANCOVA untuk penguasaan konsep maupun uji Mann-Whitney U untuk respons peserta didik. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis tantangan isu sosiosains argumen tandingan lebih efektif dalam mendorong keterlibatan dan tanggapan siswa dibandingkan model PBM. Akan tetapi, tidak terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan sosial siswa, yang diduga disebabkan oleh keterbatasan interaksi langsung dalam praktikum serta rendahnya partisipasi aktif dalam kegiatan argumentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: argumen tandingan, isu sosiosains, keterampilan sosial, model berbasis tantangan, penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Made Ayu Pradnya Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:27
Last Modified: 26 Jun 2025 06:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24890

Actions (login required)

View Item View Item