Wijaya, Gde Indra Ananta (2025) PENGEMBANGAN LEARNING TOOL GENDER WAYANG BERBASIS IMMERSIVE VIRTUAL REALITY. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2129101039-COVER)
2129101039 -Cover.pdf Download (978kB) |
![]() |
Text (2129101039-ABSTRAK)
2129101039 -Abstrak.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text (2129101039-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129101039 -Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (2129101039-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129101039 -Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129101039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129101039 -Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129101039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129101039 -Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129101039-BAB 5 PENUTUP)
2129101039 -Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2129101039-DAFTAR PUSTAKA)
2129101039 -Daftar Pustaka.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text (2129101039-LAMPIRAN)
2129101039 -Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Gender wayang merupakan golongan gamelan tua. Pelatih gender wayang tergolong langka, akibatnya talenta anak anak muda di bidang gender wayang kurang mendapat pembinaan. Untuk melestarikan gender wayang dibuat aplikasi pembelajaran menggunakan teknologi immersive untuk melatih generasi muda dalam bermain gender wayang terutama untuk pengenalan nada dasar. Pengembangan aplikasi learning tool gender wayang menggunakan metode scrum (agile) dengan empat tahapan sprint. Sprint pertama berfokus pada perancangan konsep aplikasi, desain aplikasi, pembuatan asset 3D dan pembuatan menu utama, sprint kedua berfokus pada pembuatan expert control dan expert knowledge, sprint ketiga berfokus pada pengujian alpha dengan metode blackbox, sprint keempat berfokus pada pengujian beta kepada pengguna dengan menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT) beta testing dengan kuesioner yang berisi 10 pertanyaan yang disebarkan kepada 20 responden. Hasil pengujian learning tool gender wayang menunjukan bahwa tingkat penerimaan responden terhadap aplikasi learning tool gender wayang masuk pada kategori sangat diterima dengan indeks aspek kualitas sistem adalah 90,84%. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan menu baru untuk mempelajari teknik memukul dan mempelajari hal lainnya untuk menyempurnakan aplikasi ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gender Wayang, Teknologi Immersive, Virtual Reality, Algoritma Collision, Alpha Beta Testing, Oculus Quest 2 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Gde Indra Ananta Wijaya |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:04 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |