Jayanti, Made Dwi Surya Darmi (2025) THE EFFECT OF DIGITAL STORIES COMBINED WITH POWER STRATEGY SUPPORTED BY CANVA ON STUDENTS’ NARRATIVE WRITING SKILL AND SOCIAL EMOTIONAL LEARNING. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329081024-COVER.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329081024-ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2329081024-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2329081024-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2329081024-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081024-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2329081024-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329081024-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Made Dwi Surya Darmi Jayanti. (2025). Pengaruh Cerita Digital yang dikombinasikan oleh Strategi POWER yang didukung oleh Aplikasi Canva terhadap keterampilan menulis Naratif dan Sosial Emosional siswa. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pancasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah dibimbing dan disetujui oleh Pembimbing 1:I Putu Indra Kusuma, S.Pd., M.Pd. Ph.D dan Pembimbing 2: Dr. Ni Putu Era Marsakawati, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini mengkaji pengaruh pengintegrasian Digital Stories yang dipadukan dengan Strategi POWER (Plan, Organize, Write, Edit, Revise) yang didukung oleh Canva terhadap keterampilan menulis naratif dan Pembelajaran Sosial Emosional (SEL) siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tejakula dengan siswa Kelas XI pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tantangan yang ditemukan pada keterampilan menulis siswa, seperti kesulitan dalam mengorganisasikan ide, kurangnya keterlibatan, dan ketahanan emosional yang rendah selama kegiatan menulis. Sebagai tanggapan, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana menggabungkan alat penceritaan digital yang inovatif dengan strategi menulis terstruktur dapat memenuhi kebutuhan akademis dan emosional kelas modern. Penelitian kuasi-eksperimental ini menggunakan desain kelompok kontrol pasca- tes saja. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan Digital Stories yang dipadukan dengan Strategi POWER yang didukung oleh Canva, sedangkan kelompok kontrol menerima metode Konvensional. Keterampilan menulis dinilai menggunakan rubrik analitis yang diadaptasi dari Brown (2001), dan pembelajaran sosial-emosional diukur menggunakan kuesioner yang divalidasi yang mencakup lima aspek inti: kesadaran diri, kesadaran sosial, pengendalian diri, keterampilan hubungan, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab (CASEL, 2020; Kilic & Alci, 2022). Data dianalisis menggunakan teknik statistik multivariat untuk memeriksa efek individual dan simultan pada variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok eksperimen dan kontrol. Siswa yang terlibat dalam Cerita Digital yang dikombinasikan dengan strategi POWER yang didukung oleh Canva menunjukkan kinerja penulisan naratif yang jauh lebih tinggi (=74,9) dan kompetensi sosial-emosional (=127,5) dibandingkan dengan mereka yang diajarkan dengan metode Konvensional (=69,6 dalam menulis dan =111,1 dalam Pembelajaran Sosial Emosional). Fitur multimedia Canva memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan narasi mereka secara kreatif, meningkatkan penggunaan kosakata dan tata bahasa, serta mengekspresikan pengalaman pribadi dan emosional dengan lebih efektif. Lebih jauh lagi, pendekatan ini memelihara kecerdasan emosional siswa dengan menumbuhkan keterlibatan, empati, kolaborasi, dan refleksi selama proses menulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi antara Cerita Digital, strategi POWER, dan Canva merupakan inovasi pedagogis yang ampuh untuk meningkatkan keterampilan menulis dan pembelajaran sosial-emosional di kelas EFL. Temuan ini memberikan implikasi yang kuat bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pembuat kebijakan untuk mempertimbangkan strategi pengajaran yang didukung teknologi yang tidak hanya membahas dimensi kognitif tetapi juga afektif dari perkembangan siswa dalam pendidikan abad ke- 21. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan cerita digital dan strategi POWER serta Canva merupakan inovasi pedagogis yang ampuh untuk meningkatkan keterampilan menulis dan pembelajaran sosial-emosional di kelas EFL. Temuan ini memberikan implikasi yang kuat bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pembuat kebijakan untuk mempertimbangkan strategi pengajaran yang didukung teknologi yang tidak hanya membahas dimensi kognitif tetapi juga afektif dari perkembangan siswa dalam pendidikan abad ke- 21. Kata kunci: Canva, Cerita Digital, Strategi POWER, Keterampilan Menulis, Pembelajaran Sosial Emosional, Teks Naratif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Canva, Cerita Digital, Strategi POWER, Keterampilan Menulis, Pembelajaran Sosial Emosional, Teks Naratif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Made Dwi Surya Darmi Jayanti |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:41 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |