Rangu, Martinus Darto (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2323011006-COVER)
2323011006-Cover.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text (2323011006-ABSTRAK)
2323011006-Abstrak.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text (2323011006-BAB 1 PENDAHULUAN)
2323011006-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (2323011006-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323011006-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2323011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323011006-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2323011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323011006-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2323011006-BAB 5 PENUTUP)
2323011006-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2323011006-DAFTAR PUSTAKA)
2323011006-Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (2323011006-LAMPIRAN)
2323011006-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran matematika berbasis masalah kontekstual yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu preliminary research, prototyping stage dan assessment stage. Penelitian dilakukan di SMP Widya Sakti denpasar. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan berpikir kritis, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Model pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 10.32. berdasarkan penilaian ahli 2). tingkat kepraktisan model pembelajaran angket respon guru rata-rata skor 46,25% dengan kriteria praktis dan angket respon siswa rata-rata skor 6,0%, dengan kriteria praktis dan uji coba lapangan angket respon guru dengan skor rata-rata 50,25 dengan kriteria sangat praktis dan angket respon siswa dengan skor rata-rata 8,33% dengan kriteria sangat praktis, 3). Tingkat efektifitas kemampuan berpikir kritis siswa dari hasil pre-tes skor rata-rata 50,20% dengan kriteria efektif, dan hasil post-test skor rata-rata 82,50% dengan kriteria sangat efektif, Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah kontekstual telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Berpikir Kritis, Pembelajaran berbasis masalah, Soal SPLDV |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Martinus Darto Rangu |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:54 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |