EXPLORING THE IMPLEMENTATION OF E-PORTFOLIOS ON STUDENTS’ SPEAKING PERFORMANCE AND EMOTIONAL WELL-BEING: AN IN-DEPTH STUDY ON NEGATIVE PSYCHOLOGY USING PHOTOVOICE

Sembiring, Belia Damayanti Br (2025) EXPLORING THE IMPLEMENTATION OF E-PORTFOLIOS ON STUDENTS’ SPEAKING PERFORMANCE AND EMOTIONAL WELL-BEING: AN IN-DEPTH STUDY ON NEGATIVE PSYCHOLOGY USING PHOTOVOICE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021097_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021097_ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021097_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021097_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021097_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021097_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021097_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021097_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021097_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan E-portfolios terhadap kemampuan berbicara dan kesejahteraan emosional siswa kelas XI (sebelas) di salah satu SMA di Buleleng, Bali. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, Photovoice, dan catatan peneliti. Temuan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kefasihan dan pengucapan berbicara karena Latihan berulang, umpan balik teman sebaya, dan penilaian diri. Namun, siswa juga mengalami emosi negative seperti takut, cemas malu, dan frustasi yang berkaitan dengan tantangan pengucapan, penilaian teman sebaya, dan kendala teknologi. Analisis tematik mengungkap bahwa E-portfolios mendukung latihan berbicara yang terstruktur tetapi juga menimbulkan tantangan afektif, tertutama dalam penilaian teman dan penyelesaian tugas. Photovoice mendukung temuan ini dengan menggambarkan secara visual stress, kebingungan, dan kurangnya motivasi. Catatan peneliti semakin menguatkan data dengan mencatat perilaku siswa dan reaksi emosional di kelas. Secara keseluruhan, meskipun E-portfolios meningkatkan keterampilan kognitif siswa dalam berbicara, mereka juga menyoroti tantangan afektif yang perlu ditangani untuk menciptakan lingkungan belajar Bahasa yang lebih seimbang secara emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif, E-Portfolios, Ketrampilan Berbicara, Pengajaran Ketrampilan Berbicara menggunakan Teknologi, Emosi Negatif, Photovoice
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Belia Damayanti Br. Sembiring
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:24
Last Modified: 02 Jul 2025 01:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item