The Language of Wonderful Indonesia Promotional Tourism Videos: A Semantic Analysis

PARANDIKA, GEDE YOGA KRISNA (2025) The Language of Wonderful Indonesia Promotional Tourism Videos: A Semantic Analysis. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2252013012-COVER.pdf

Download (447kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2252013012-ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2252013012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2252013012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2252013012-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2252013012- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2252013012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2252013012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2252013012-LAMPIRAN.pdf

Download (160kB)

Abstract

THE LANGUAGE OF WONDERFUL INDONESIA PROMOTIONAL TOURISM VIDEOS: A SEMANTIC ANALYSIS By Gede Yoga Krisna Parandika 2252013012 D4 Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional ABSTRAK Di era digital seperti saat ini, bahasa telah berkembang melampaui perannya yang tradisional sebagai alat penyampaian pesan, menjadi alat yang kuat untuk menghasilkan sebuah pendapatan, terutama melalui penggunaan semantik. Semantik dikenal sebagai salah satu kajian dalam linguistik yang mempelajari makna dalam bahasa, baik pada tingkat kata, frasa, maupun kalimat. Penelitian ini mengeksplorasi aspek-aspek semantik dalam lima video promosi pariwisata yang diproduksi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di kanal YouTube Wonderful Indonesia, yang berjudul: "The Harmony of Bali", "Bali Tourism Guide: Do's and Don'ts for a Wonderful Holiday in Wonderful Indonesia", "Bali Safety Guide", "Shape a Brighter Future with Bali Levy Regulation", dan "It’s Time to Unveil Unimaginable Wonders, It's Time for Bali". Penelitian ini mengkaji makna denotatif dan konotatif dalam setiap video promosi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima belas makna denotatif dan tujuh belas makna konotatif dalam video-video promosi tersebut. Penelitian ini memberikan wawasan dan pengetahuan yang signifikan terkait teori semantik dalam video promosi Bali serta berkontribusi dalam pemahaman teori linguistik dan promosi pariwisata di Bali. . Kata kunci: video promosi, semantic, Bali

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Promosi, Semantic, Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Bahasa Inggris (D3)
Depositing User: Gede Yoga Krisna Parandika
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:39
Last Modified: 02 Jul 2025 07:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25078

Actions (login required)

View Item View Item