THE EFFECT OF POPULAR ENGLISH SONGS IN TIKTOK TO TEACH VOCABULARY IN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BULELENG: A MIXED-METHOD STUDY

Romi, Stefani Nanda (2025) THE EFFECT OF POPULAR ENGLISH SONGS IN TIKTOK TO TEACH VOCABULARY IN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BULELENG: A MIXED-METHOD STUDY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021203-COVER.pdf

Download (542kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021203-ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021203-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021203-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021203-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021203-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021203-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021203-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021203-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini meneliti pengaruh penggunaan lagu-lagu populer TikTok sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Inggris bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Buleleng. Dengan pendekatan metode campuran, penelitian ini menggabungkan desain kuasi-eksperimen dengan observasi kualitatif untuk menilai efektivitas pembelajaran kosakata berbasis TikTok dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional. Penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelas eksperimen yang mempelajari kosakata melalui lagu-lagu TikTok terpilih dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran berbasis buku teks. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan penguasaan kosakata, serta observasi kelas untuk mengevaluasi keterlibatan dan partisipasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata pada siswa dalam kelompok eksperimen, dengan skor rata-rata meningkat dari 63,52 pada pre-test menjadi 83,22 pada post-test. Sementara itu, siswa dalam kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan kecil, dari 64,00 pada pre-test menjadi 67,76 pada post-test. Penggunaan lagu-lagu TikTok tidak hanya meningkatkan retensi kosakata tetapi juga meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan kata-kata baru dalam konteks yang sesuai. Observasi menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen lebih interaktif, antusias, dan aktif berpartisipasi dalam diskusi dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi lagu-lagu populer TikTok dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris dapat menjadi strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif. Studi ini menyoroti potensi media sosial sebagai alat pendidikan dan mendorong para pendidik untuk mengeksplorasi pendekatan kreatif yang berpusat pada siswa guna meningkatkan hasil pembelajaran bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penguasaan Kosakata, Lagu TikTok, Pembelajaran Bahasa Inggris, Metode Campuran, Keterlibatan Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Stefanni Nanda Romi
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:52
Last Modified: 02 Jul 2025 02:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25084

Actions (login required)

View Item View Item