Putra, I Komang Ardana (2025) INVESTIGATING STUDENTS’ AND TEACHERS’ USER EXPERIENCE AND ENJOYMENT OF CHATGPT IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING IN SMA NEGERI 1 KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021093-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021093-ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021093-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021093-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021093-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengalaman pengguna dan kenikmatan siswa dan guru dalam menggunakan ChatGPT. penelitian menggunakan metode campuran eksplanatori yang melibatkan 219 siswa kelas 12 dan 4 guru bahasa inggris di SMA N 1 Kubu. Terdapat dua instrument yang digunakan yakni UEQ dan juga interview guide. Anaalisis data dilakukaan secara kuantitatif dengan Data Analysis Tool (DAT) dan kualitatif dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan siswa memiliki pengalaman yang cukup positif pada dimensi daya tarik, kejelasan, efisiensi dan kebaruan tetapi netral di stimulasi. Temuan wawancara menunjukkan ketergantungabn yang tinggi dan rendahnya kenikmatan sosial mempengaruhi dimensi stimulasi pada pengalaman pengguna. Sementara itu guru cenderung memiliki pengalaman positif pada semua dimensi. Temuan wawancara mengindikasikan guru dengan kenikmatan personal dan sosial yang tinggi akan meningkatkan pengalaman pengguna mereka dalam menggunakan ChatGPT. Dengan demikian, kenikmatan memiliki perbandingan lurus dengan pengalaman pengguna, dimana ketika siswa atau guru menikmati penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran, pengalaman mereka akan cenderung positif. Melihat keterbatasan penelitian ini, penelitian selanjutnya diharapkan dapat mencakup pengalaman pengguna AI pada versi berbayar, dan mengungkap faktor kekhawatiran dalam pembelajaran yang dibantu AI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, kesenangan, pembelajaran bahasa inggris, pengalaman pengguna. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Komang Ardana Putra |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 03:39 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 03:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |