Astha, Kadek Ayu Gayatri (2025) EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEMINIMALISIR KECEMASAN SOSIAL SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111011028-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111011028-ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111011028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111011028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111011028-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan fenomena tingkat kecemasan sosial yang tinggi akibat pikiran irasional selama fase remaja, dibutuhkan upaya yang dapat membantu siswa dalam mengubah pikiran yang irasional menjadi lebih rasional, sehingga siswa dapat melaksanakan tugas perkembangannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan menguji keefektivan konseling cognitive behavioral dengan eknik restrukturisasi kognitif untuk meminimalisir kecemasan sosial siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian memakai pendekatan Quasi Eksperimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Rancangan desain melibatkan dua jenis kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok tersebut dipilih dengan teknik purposive sampling, dimana setiap kelompok beranggotakan 7 orang siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner kecemasan sosial dan dianalisis menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan hasil p < a = 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan konseling cognitive behavioral dengan teknik restrukturisasi kognitif efektif dalam meminimalisir kecemasan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Sosial, Siswa, Konseling Cognitive Behavioral, Teknik Restrukturisasi Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Kadek Ayu Gayatri Astha |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 01:22 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |