PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI INTERAKTIF BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Robiansyah, Bagus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI INTERAKTIF BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAMPUNG BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER REVISI)
2111021019-COVER REVISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK REVISI)
2111021019-ABSTRAK REVISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111021019-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media video animasi interaktif berpendekatan kontekstual, (2) mengetahui validitas pengembangan media video animasi interaktif berpendekatan kontekstual, dan (3) mengetahui kepraktisan penggunaan media video animasi interaktif berpendekatan kontekstual (4) menguji efektivitas penggunaan media video animasi interaktif berpendekatan kontekstual. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin and Peck. Model ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain, serta tahap pengembangan dan implementasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Subjek penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil, dan 22 orang siswa untuk uji coba lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Media video animasi interaktif dikembangkan dengan model Hannafin and Peck yang terdiri dari 3 tahapan (analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi). Setiap fase utama terkait dengan evaluasi dan revisi yang perlu dijalankan. (2) Validitas media video animasi interaktif dari hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 100%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 95%, uji ahli media pembelajaran 90%, uji coba perorangan sebesar 100%, uji coba kelompok kecil sebesar 96%, dan uji coba lapangan sebesar 100%, yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) Kepraktisan media video animasi interaktif dilihat dari uji coba perorangan sebesar 100%, uji coba kelompok kecil sebesar 96%, dan uji coba lapangan sebesar 100%, yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (4) Efektivitas penggunaan media video animasi interaktif berpendekatan kontekstual didapat hasil rata-rata posttest yaitu 71,55 masuk ke dalam kualifikasi baik lebih besar dan dari hasil rata-rata pretest sebesar 57,27 yang berada pada kualifikasi kurang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Kampung Baru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, video animasi, interaktif, kontekstual, hannafin and peck.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Bagus Robiansyah
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:21
Last Modified: 21 Jul 2025 04:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25626

Actions (login required)

View Item View Item