PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS SISWA

Krisnayana, I Ketut Wahyu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011026-COVER.pdf

Download (963kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011026-ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011026-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh model pembelajaran CORE dengan scaffolding terhadap kemampuan analisis matematis siswa. Penelitian kuasi-eksperimental dengan post-test only control group design ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja pada tahun pelajaran 2024/2025 semester genap sebanyak 10 kelas sebagai populasi penelitian. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen, VIII.5 sebagai kelas pembanding, dan VIII.8 sebagai kelas kontrol, dengan banyak siswa berturut-turut 36, 35, 34 siswa. Uji kesetaraan kelas menggunakan hasil sumatif akhir semester ganjil tahun 2024. Hasil penelitian adalah rata-rata posttest siswa kelompok eksperimen, pembanding, dan kontrol berturut-turut 81,25; 75,45; dan 71,05. Pengujian hipotesis dengan uji Anava Satu Jalur pada taraf signifikansi 5% menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan siswa yang mengikuti model pembelajaran CORE dengan scaffolding daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran CORE dan pembelajaran konvensional. Hasil uji lanjut menggunakan uji Scheffe pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa model pembelajaran CORE dengan scaffolding merupakan model yang terbaik di antara ketiga model tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CORE, Scaffolding, Kemampuan Analisis Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Ketut Wahyu Krisnayana
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:23
Last Modified: 17 Jul 2025 01:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25670

Actions (login required)

View Item View Item