Hartawan, I Gusti Nyoman Yudi (2025) PROFIL BERPIKIR KOMPUTASIONAL CALON GURU MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN JENIS KELAMIN. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2239011033-COVER.pdf Download (42MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2239011033-ABSTRAK.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2239011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (940kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2239011033-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Sebagai calon guru matematika di era revolusi industri 4.0 hendaknya memiliki kemampuan yang dapat memanfaatkan teknologi dalam memecahkan masalah sehingga dapat secara efisien dalam pengambilan keputusan. Salah satu kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan Berpikir Komputasional (computational thinking (CT)). Akan tetapi tampaknya penguasaan CT belum sepenuhnya dikuasai oleh para guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir komputasional calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tingkat kecerdasan logis matematis dan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 6 orang mahasiswa calon guru matematika di Prodi Pendidikan Matematika Undiksha semester VII tahun akademik 2024/2025 yang telah mengambil Mata Kuliah Asistensi Mengajar. Subjek tersebut dipilih berdasarkan hasil tes kecerdasan logis matematis dan jenis kelamin. Data proses berpikir komputasional setiap subjek dikumpulkan melalui tes CT dan wawancara. Data dianalisis menggunakan metode analisis data penelitian kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Calon guru matematika laki-laki yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi sudah menguasai semua komponen CT dengan baik, (2) Calon guru matematika perempuan dengan kecerdasan logis matematis tinggi sudah menunjukkan penguasaan pada semua komponen CT, dan menunjukkan ketelitian lebih baik dibandingkan dengan calon guru matematika laki-laki, (3) Calon guru matematika laki-laki yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang sudah menguasai beberapa komponen dari CT dengan baik yaitu dekomposisi, abstraksi dan generalisasi, (4) Calon guru matematika perempuan dengan kecerdasan logis matematis matematis sedang menunjukkan penguasaan komponen CT yang sama dengan calon guru matematika laki-laki, namun dari analisis jawaban perempuan lebih detail dalam menuliskan penyelesaiannya. (5) Calon guru matematika laki-laki yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah sudah menguasai beberapa komponen dari CT dengan baik yaitu dekomposisi, dan (6) Calon guru matematika perempuan dengan kecerdasan logis matematis rendah menunjukkan penguasaan komponen CT yang sama dengan calon guru matematika laki-laki. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa calon guru matematika dengan kecerdasan logis matematis tinggi sudah menguasai semua komponen CT, calon guru matematika dengan kecerdasan logis matematis sedang hanya menguasai komponen dekomposisi, abstraksi dan generalisasi dan calon guru matematika dengan kecerdasan logis matematis rendah hanya menguasai komponen dekomposisi, dan generalisasi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Calon Guru Matematika, Berpikir Komputasional, Kecerdasan Logis Matematis, Jenis Kelamin. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Gusti Nyoman Yudi Hartawan |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 11:50 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 11:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |