Dwijayanti, Ketut Vani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN MONOPOLI KREASI KOGNITIF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK SHINTA KUMARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111061010_COVER.pdf Download (959kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111061010_ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111061010_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111061010_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111061010_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111061010_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111061010_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111061010_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111061010_LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang dikembangkannya kemampuan berpikir kritis pada anak dan pemanfaatan media dalam mendukung proses pembelajaran yang masih belum optimal. Penelitian ini dilakukan di TK Shinta Kumara pada anak Kelompok B dengan jumlah 25 siswa. Terdapat empat tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) menghasilkan media pembelajaran berupa permainan monopoli kreasi kognitif, 2) menganalisis validitas isi materi dan media monopoli, 3) menganalisis respon atau kepraktisan guru dan siswa terhadap media monopoli, dan 4) menguji efektivitas media monopoli kreasi kognitif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengmbangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dan melibatkan validasi dari para ahli serta uji praktis pada siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Sementara jenis data pada penelitian pengembangan ini yaitu data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) hasil penelitian berupa pengembangan media monopoli kreasi kognitif, 2) media monopli yang dikembangkan memiliki indeks validitas media sebesar 43,5 dengan kualifikasi media tinggi, 3) hasil analisis kepraktisan media menunjukan kualifikasi sebsar 100% yang diperoleh dari respon guru dan 81,5 yang diperoleh melalui respon siswa, dan 4) hasil efektivitas media yang diuji dengan uji-t berkorelasi pada tingkat kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan media monopoli kreasi kognitif efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak usia dini pada kelompok B. Implikasi penelitian ini adalah dapat dijadikan acuan pengembangan media pembelajaran konkret/nyata untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran1, Permainan Monopoli2, Berpikir Kritis3, |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ketut Vani Dwijayanti |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:12 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |