Puteri, Ni Putu Reisya Utari (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS I DI SD NEGERI 3 TUNJUK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021005-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021005-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021005-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, validitas, dan efektivitas pengembangan multimedia interaktif berbasis game pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I SD Negeri 3 Tunjuk tahun ajaran 2024/2025 Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Subjek penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, 9 orang siswa sebagai uji kelompok kecil, dan 29 orang siswa untuk uji coba lapangan. Hasil penelitian ini adalah (1) Multimedia interaktif berbasis game dikembangkan dengan mengikuti lima tahapan model ADDIE. (2) Validitas multimedia interaktif berbasis game dari hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 98,67% , uji ahli media sebesar 91,11%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 95%, uji coba perorangan sebesar 100% , uji coba kelompok kecil sebesar 95,11, uji coba lapangan sebesar 92,62%, yang keseluruhan presentase skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) multimedia interaktif berbasis game efekktif untuk meningkatkan kemampuan membaca yang ditunjukan melalui hasil uji-t dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (4) multimedia interaktif berbasis game efekktif untuk meningkatkan kemampuan menulis yang ditunjukan melalui hasil uji-t dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, multimedia interaktif, game, ADDIE, Bahasa Indonesia, membaca dan menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Reisya Utari Puteri |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 23:17 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 23:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |